Pada postingan kali ini. Saya mau sedikit berbagi tentang ilmu otomotif. Karburator bagian dari komponen kendaraan yang fungsinya mencampur udara dan bahan bakar yang akan disalurkan ke ruang bakar.
Karburator memang terlihat kecil, namun komponennya cukup banyak dan sedikit “njlimet” bila yang baru pertama bongkar. Kali ini saya akan berbagi tentang komponen karburator mesin 2tak. Nih cara kerja mesin 2tak.
NAMA KOMPONEN DAN FUNGSINYA
1. Saluran bahan bakar: untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke karburator melalui selang.
2. Tuas cuk:untuk membantu mesin jika mesin sulit dihidupkan dalam keadaan dingin.
2. Tuas cuk:untuk membantu mesin jika mesin sulit dihidupkan dalam keadaan dingin.
3. Pengatur gas: tempat sekrup pengatur gas
4. Pengatur udara: tempat sekrup pengatur udara
6. Yang dilingkari itu untuk pembuangan bahan bakar, jadi bila over atau bahan bakar terlalu banyak, bahan bakar akan terbuang sendiri.
7. Fungsinya hampir sama seperti yang atas, namun ini manual. Ini menggunakan sekrup, jadi bila ingin membuang kita harus membuka sekrupnya dulu, saluran ini juga berfungsi membuang endapan kotoran bahan bakar.
8. Fungsinya menutup suplay bahan bakar jika bahan bakar didalam ruang pelampung telah penuh.
9. Yang di tandai dengan kotak hijau itu pelampung, fungsinya untuk mengatur bahan bakar supaya tidak meluap dan masuk ke ruang bakar.
10. Pin Pelampung: untuk mengunci pelampung agar tidak goyang.
11. Spuyer langsam (kanan) spuyer utama (kiri). Fungsi spuyer utama untuk memancarkan bahan bakar pada RPM tinggi, spuyer langsam berfungsi untuk memancarkan bahan bakar pada motor dalam keadaan stationer.
12. Jarum Skep: mengatur campuran bahan bakar dan udara yang masuk melalui spuyer.
13. Klip: mengatur jarum skep. Bila ingin boros, kita tinggal pindah klip ke posisi alur 5, kalo pengen irit, atur pada alur 1.
15. Kepala Karburator: untuk menutup karburator pada bagian atas dan melindungi bagian didalamnya.
16. Pegas: mengembalikan jarum skep pada posisi terendah.
17. Skep:mengatur jumlah bahan bakar dan udara yang akan disalurkan ke ruang bakar.
18. Sekrup Pengatur Udara: untuk mengatur besar kecilnya udara yang masuk
19. Sekrup Pengatur Gas: untuk mengatur gas dan untuk mengatur pembukaan skep untuk posisi langsam.
Sekian dulu, mungkin kalau ada yang kurang tepat maaf gan. Semoga bermanfaat.
THANKS FOR READING.
Wassalam!